No image available for this title

Aplikasi Multimedia Interaktif dan Animasi 2D Cerita Rakyat Batu Megaang



APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN ANIMASI 2D
CERITA RAKYAT BATU MEGAANG

ABSTRAK

Batu megaang merupakan sebuah dusun yang terletak di desa pucaksari kecamatan busungbiu kabupaten buleleng bali. Dusun ini terletak tepat dibawah kaki bukit pucaksari dan dihuni oleh 20 kepala keluarga. Di dusun ini terdapat cerita sejarahnya yang dimana pengambilan nama dusun batu megaang ini diangkat dari cerita sejarahnya. Sulitnya mendapatkan informasi serta pengetahuan akan sejarah dari dusun ini membuat masyarakat belum banyak mengetahui lebih dalam akan cerita sejarah dari dusun ini. Dari hasil kuesioner yang dilakukan, didapatkan nilai 95,2% setuju untuk membuat aplikasi multimedia interaktif. Aplikasi Multimedia Interaktif dan Animasi 2D Cerita Rakyat Batu Megaang digunakan untuk memperkenalkan tentang sejarah dusun ini yang disajikan dalam bentuk aplikasi yang dipasang pada smartphone berbasis Android untuk memudahkan pengguna mendapat informasi mengenai sejarah dusun batu megaang. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Animate, metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari penelitian ini berupa informasi yang berisi gambar, teks, suara, dan video sehingga menjadi sebuah media informasi untuk memperkenalkan sejarah dusun batu megaang dengan multimedia interaktif yang dapat berjalan pada perangkat android. Berdasarkan metode pengujian black box,seluruh fungsi yang ada dalam aplikasi telah berhasil berjalan sesuai harapan.
Kata Kunci: Aplikasi Multimedia Interaktif, Sejarah, Busungbiu, Batu Megaang, Adobe Animate, Android, Action Script 3.0.


Ketersediaan

S.170030670.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.