No image available for this title

Implementasi Metode Smart Pada Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: KSU Sari Mertha Sedana)



IMPLEMENTASI METODE SMART PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL
( STUDI KASUS : KSU SARI MERTHA SEDANA )
ABSTRAK

Sistem pendukung keputusan kelayakan pemberian kredit merupakan sebuah sistem informasi berbasis situs web yang berfungsi sebagai acuan dalam mengetahui urutan seberapa layak para calon peminjam untuk memperoleh pemberian kredit. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode pengambilan keputusan yang bernama metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique), diharapkan dapat mempermudah pihak koperasi KSU Sari Mertha Sedana dalam melakukan perhitungan setiap kriteria yang dimiliki calon peminjam sehingga dapat menghasilkan suatu keputusan kelayakan yang akurat dan tepat sasaran. Kriteria yang dimiliki calon peminjam dalam sistem ini adalah pekerjaan calon peminjam, penghasilan calon peminjam dalam sebulan, jumlah utang, jumlah anggota keluarga, beserta jenis jaminan yang akan digunakan. Selain itu, sistem ini juga memiliki fitur untuk melihat laporan data historis beserta fitur mencetak laporan. Tujuan dibangunnya sistem informasi ini adalah untuk mempermudah pihak koperasi dalam menghasilkan suatu keputusan yang efektif dan efisien dengan mengurangi kesalahan yang terjadi pada saat proses perhitungan kelayakan. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Kerangka kerja yang digunakan adalah Framework Laravel. Data base pada sistem informasi ini menggunakan MariaDB yang tersedia pada aplikasi Web server XAMPP. Metode pengujian yang digunakan untuk memastikan apakah sistem berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna adalah Blackbox Testing.

Kata kunci : Keputusan, Kelayakan, Pinjaman, Koperasi, Situs Web


Ketersediaan

S.160030797.1001.42Tersedia
S.160030832.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.