No image available for this title

Sistem Monitoring Laporan Kegiatan Usaha Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Biro Perjalanan Wisata pada Dinas Pariwisata Propinsi Bali)



SISTEM MONITORING LAPORAN KEGIATAN USAHA MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL
(STUDI KASUS BIRO PERJALANAN WISATA PADA DINAS PARIWISATA PROVINSI BALI)

ABSTRAK

Seksi Jasa Pariwisata merupakan sebuah unit kerja pada Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang bergerak dalam hal pemantauan aktivitas biro perjalanan wisata seperti pengumpulan LKU (Laporan Kegiatan Usaha). Selama ini proses pengelolaan LKU masih dilakukan secara konvensional, yakni petugas dari biro perjalanan wisata harus datang dan menyerahkan LKU ke dinas. Proses tersebut menyebabkan sulitnya melakukan pendataan terhadap biro perjalanan wisata yang mengumpulkan LKU. Maka dalam penelitian ini dibangun sebuah sistem monitoring yang dapat mempermudah proses pengumpulan LKU, pendataan biro perjalanan wisata, serta perolehan laporan digital mengenai pengumpulan LKU pada tahun tertentu. Sistem ini dibangun dengan metode pengumpulan data, analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, pengujian sistem, dan penulisan laporan serta menggunakan Framework Laravel sebagai kerangka kerja pemrogramannya. Adapun perancangan sistem yang digunakan yaitu Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), dan basis data konseptual. Pengujian pada sistem ini menggunakan metode blackbox testing beserta kuesioner. Adapun hasil perhitungan kuesioner diperoleh persentase sebesar 96% dari 10 responden dengan keterangan “Sangat Setuju”. Berdasarkan beberapa pengujian tersebut didapatkan bahwa seluruh fungsionalitas dan tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem sudah sesuai dengan hasil perancangan yang telah dibuat sebelumnya.

Kata kunci: Sistem Monitoring, Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Biro Perjalanan Wisata, Laporan Kegiatan Usaha, Framework Laravel.


Ketersediaan

S.170030011.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.