No image available for this title

STUDI PEMANFAATAN IOT UNTUK MONITORING DAN DETEKSI ANOMALI KONSUMSI ENERGI LISTRIK



Konsumsi energi listrik menjadi hal yang tidak terlepas dari kegiatan sehari-hari manusia, dan salah satu konsumsi energi listrik yang sering digunakan adalah untuk kebutuhan penerangan dari lampu. Untuk menyalakan lampu, saklar lampu yang terpasang pada dinding rumah harus ditekan ke posisi menyala sehingga lampu baru dapat menyala. Terkadang lampu tidak dapat menyala walaupun posisi saklar telah tersambung, hal ini bisa disebabkan oleh lampu yang telah melewati batas masa pemakaian dan hal ini masuk ke dalam kategori anomali konsumsi energi listrik. Sebuah sistem kendali dan pemantauan jarak jauh dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan Internet of Things. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan implementasi sistem monitoring dan deteksi anomali konsumsi energi listrik. Sistem menggunakan NodeMCU sebagai mikrokontroler serta sebagai penghubung rangkaian alat ke internet. Untuk mengukur nilai arus listrik yang mengalir pada rangkaian lampu, digunakan sensor arus ACS712 30A. Sistem melakukan pengiriman data sensor arus listrik setiap 1 detik ke web server dengan menggunakan broker CloudMQTT sebagai media perantara. Setelah dilakukan pengujian antarmuka, sensor serta fungsi sistem, sistem dapat melakukan fungsi menyalakan dan mematikan lampu serta mendeteksi adanya lampu yang putus, dan kondisi tersebut dikategorikan sebagai anomali.

Kata Kunci : internet of things, sensor arus listrik, monitoring anomali konsumsi energi listrik, sistem monitoring dan deteksi anomali konsumsi energi listrik.




Ketersediaan

S.140010266.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.