Image of SISTEM INFORMASI PENDATAAN ANAK ASUH PADA YAYASAN KOMUNITAS PEDULI PENDIDIKAN BALI MENGGUNAKAN FRAMEWORK BOOTSTRAP

SISTEM INFORMASI PENDATAAN ANAK ASUH PADA YAYASAN KOMUNITAS PEDULI PENDIDIKAN BALI MENGGUNAKAN FRAMEWORK BOOTSTRAP



Yayasan Komunitas Peduli Pendidikan Bali adalah sebuah Yayasan yang didirikan pada tahun 2002. Pada awal mula berdiri yayasan ini bernama AdoptASchool Bali yang kemudian berubah nama menjadi Yayasan Komunitas Peduli Pendidikan Bali pada tanggal 18 April 2019. Yayasan ini didirikan sebagai bentuk kepedulian sosial akibat terjadinya peristiwa Bom Bali I dan yayasan ini memberikan dana bantuan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu. Berdasarkan data dari tahun 2003 hingga 2018, terdapat 46 siswa SD, 69 siswa SMP dan 187 siswa SMA yang telah mendapatkan dana bantuan pendidikan. Namun dalam pengelolaan data anak asuh, pengajuan, dan donasi masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel yang kemudian terjadi beberapa kendala seperti kesalahan data anak asuh, pengajuan maupun donasi dan data tersebut juga rentan hilang. Maka pada penelitian ini telah dibangun sebuah sistem informasi yang mempermudah proses pengolahan data sehingga mempermudah petugas dalam melaksanakan proses pendataan anak asuh. Sistem in dibangun dengan metode waterfall, platform web sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan internet. Sistem ini menggunakan Framework Bootstrap yang merupakan salah satu kerangka kerja pemrograman web berbasis PHP digunakan karena memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan proses pengembangan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pendataan anak asuh yang dapat membantu proses pengolahan data dan penyampaian laporan kepada petugas dan orang tua asuh yang telah diuji menggunakan metode pengujuian blackbox testing.

Kata Kunci : Yayasan Komunitas Peduli Pendidikan Bali, AdoptASchool Bali, Sistem Informasi, Metode Waterfall, Framework Bootstrap.


Ketersediaan

S.140010139.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.