No image available for this title

Multimedia Interaktif Pembelajaran Tentang Ekosistem Mangrove Untuk Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus : Mangrove Nusantara )




Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan mangrove yang tinggi. Tumbuhan mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan dan lingkungan disekitarnya. Namun, karena kurangnya informasi yang dimiliki oleh manusia menimbulkan banyak kerusakan yang terjadi pada tumbuhan mangrove. Karenanya, sebuah organisasi konservasi bernama Mangrove Nusantara bergerak untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pada anak-anak. Melirik teknologi informasi berbasis desktop yang kian berkembang. Maka, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi yang dapat digunakan dalam menyampaikan berbagai informasi, serta dapat digunakan sebagai media dalam sebuah sosialisasi. Karnanya, untuk membantu organisasi ini dalam menyampaikan informasi, maka dibuatlah Multimedia Interaktif Pembelajaran Tentang Ekosistem Mangrove Untuk Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus: Mangrove Nusantara). Harapan dengan adanya aplikasi ini, dapat mempermudah penyampaian informasi tentang ekosistem mangrove sehingga informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), aplikasi ini di buat dengan beberapa bantuan software seperti Adobe Captivate 2017, Adobe Premiere CS 6, Adobe After Effects, dan Blender 3D, dan aplikasi ini berbasis desktop. Pada Aplikasi ini telah dilakukan pengujian dengan metode black box untuk menguji dan memeriksa fungsional dari aplikasi. Hasil dari pengujian tersebut memberikan informasi bahwa seluruh proses telah berjalan dengan lancer.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Mangrove, Ekosistem Mangrove, Adobe Captivate, Blender 3D


Halaman ini sengaja dikosongkan


Ketersediaan

S.130030136.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.