No image available for this title

Implementasi scraping untuk sistem informasi manajemen bagian pengadaan barang dan jasa sekretariat daerah kota denpasar



Pada lingkungan Pemerintah Kota Denpasar pengajuan paket yang akan ditenderkan masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena masih harus dilakukan verifikasi terhadap dokumen paket pekerjaan. Dalam pelaksanaan pemilihan juga diperlukan kesesuaian data antara yang diajukan secara manual dengan data yang sebelumnya telah harus diinputkan dalam aplikasi nasional Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Untuk itu dilakukan penelitian untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu proses pengajuan paket pekerjaan dengan lebih cepat tanpa harus mengajukan dokumen fisik sekaligus mampu melakukan pengambilan data detail RUP dari aplikasi SIRUP yang dikembangkan oleh LKPP. Setelah dilakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi pustaka, pengembangan sistem informasi dilanjutkan dengan desain sistem yang digambarkan dalam sebuah context diagram, data flow diagram, kemudian relasi antar entitas digambarkan dalam sebuah entity relationship diagram. Desain sistem tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan PostgreSQL sebagai basis datanya. Sistem yang dikembangkan tersebut telah mampu menggantikan proses pengajuan paket pekerjaan secara manual sehingga dapat memangkas waktu pengajuan paket pekerjaan dan telah mampu melakukan ekstraksi data paket pekerjaan dari aplikasi SIRUP Nasional. Dari hasil pengujian dengan sistem black box, semua fungsi yang berjalan sudah sesuai dengan harapan.


Ketersediaan

S.130010320.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.