Image of Sistem Monitoring Penjadwalan dan Pemeliharaan Automatic Meter Reading (Studi Kasus pada PT. PLN Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Selatan

Sistem Monitoring Penjadwalan dan Pemeliharaan Automatic Meter Reading (Studi Kasus pada PT. PLN Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Selatan



SISTEM MONITORING PENJADWALAN DAN PEMELIHARAAN AUTOMATIC METER READING (STUDI KASUS PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN BALI SELATAN)




ABSTRAK



Sistem Automatic Meter Reading (AMR) ini dapat dimanfaatkan secara optimal di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Selatan untuk penertiban rekening, analisa beban pelanggan, perhitungan losses atau susut distribusi, perencanaan pengembangan jaringan listrik, memantau secara efektif terhadap pelanggaran atau penyalahgunaan energi listrik yang tidak normal. Untuk menjaga kehandalan dari sistem AMR ini diperlukan adanya pemeliharaan peratalan pada meter elektronik pelanggan yang dilakukan secara rutin. Untuk sistem yang sedang berjalan, masih menggunakan cara manual sehingga pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien. Sistem Informasi monitoring penjadwalan dan pemeliharaan Automatic Meter Reading (studi kasus pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Selatan) ini dapat digunakan untuk membantu pengelolaan penjadwalan dan pemeliharaan pelanggan AMR secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam perekayasaan ini dimulai dengan mendesain sistem menggunakan perancangan struktural. Sistem kemudian diimplementasikan dengan menggunakan PHP dan MySQL. Sistem diawali dengan pembuatan jadwal pemeliharaan berdasarkan kunjungan pemeliharaan terakhir pelanggan yang sudah melebihi dari enam bulan yang dibuat oleh koordinator, kemudian daftar jadwal tersebut diteruskan oleh masing-masing tim dengan melakukan penginputan data pemeliharaan di lapangan. Data pemeliharaan yang telah dicatat oleh tim akan langsung diproses di dalam sistem ini dan menghasilkan laporan pemeliharaan bulanan, hal ini tentu akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.


Kata Kunci: Automatic Meter Reading, Pemeliharaan, Penjadwalan, Sistem
Informasi


Ketersediaan

S.140010346.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.