Image of Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Gerakan Tangan dan Isyarat Wasit Sepak  Bola Menggunakan Augmented Reality

Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Gerakan Tangan dan Isyarat Wasit Sepak Bola Menggunakan Augmented Reality



APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN GERAKAN TANGAN DAN ISYARAT WASIT SEPAK BOLA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY


ABSTRAK
Sepak bola adalah cabang olahraga yang paling digemari di Indonesia, dari anak-anak sampai dewasa terutama laki-laki. Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa perangkat pertandingan yang memiliki perananan penting dan dapat mempengaruhi hasil akhir dari suatu pertandingan. Salah satu perangkat pertandingan itu adalah wasit, wasit merupakan perangkat pertandingan yang bertugas sebagai pengadil di lapangan. Dalam materi permainan bola besar khususnya sepak bola, sebagian besar materi yang disampaikan yaitu tentang cara atau teknik bermain sepak bola dan materi mengenai perwasitan sepak bola khususnya tentang gerakan tangan dan isyarat hanya sedikit disampaikan. Berdasarkan masalah yang sudah dipaparkan, solusi yang dapat diusulkan adalah dengan dibuatnya aplikasi yang memanfaatkan Augmented Reality berbasis Android yang diharapkan dapat membantu dalam proses kegiatan belajar khususnya dalam memperkenalkan gerakan tangan dan isyarat wasit sepak bola. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Perancangan sistem yang digunakan yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, dan Desain Antarmuka aplikasi. Implementasi dari sistem ini berupa sebuah sistem dalam bentuk aplikasi dan pengujian sistem yang digunakan yaitu blackbox testing, dan tes pendeteksian marker. Dari hasil pengujian blackbox pada aplikasi telah berhasil dijalankan dengan menggunakan 4 smartphone sebagai bahan percobaan dengan melakukan beberapa uji pendeteksian marker.

Kata kunci: Sepak Bola, Gerakan Tangan dan Isyarat Wasit, Augmented Reality.






Ketersediaan

S.150030489.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.