Image of Rancang Bangun  Pemindai Laporan Skripsi Menggunakan RFID Bberbasis Mikrokontroler (Studi Kasus : Perpustakaan Stikom Bali)

Rancang Bangun Pemindai Laporan Skripsi Menggunakan RFID Bberbasis Mikrokontroler (Studi Kasus : Perpustakaan Stikom Bali)



RANCANG BANGUN PEMINDAI LAPORAN SKRIPSI MENGGUNAKAN RFID BERBASIS MIKROKONTROLER
(STUDI KASUS : PERPUSTAKAAN STIKOM BALI)

ABSTRAK
ABSTRAK

Perpustakaan tempat kumpulan buku dan diorganisasikan sebagai media belajar. STMIK STIKOM Bali mamiliki sebuah perpustakaan yang memegang peranan penting dalam membantu mahasiswa menemukan sebuah referensi dalam membuat laporan skripsi. Banyaknya laporan skripsi yang terdapat di perpustakaan membuat sulitnya menemukan laporan yang ingin dicari. Dengan berkembangnya teknologi saat ini mendorong untuk membuat sebuah sistem pemindai yang digunakan untuk memindai laporan skripsi dengan teknologi RFID. Tag RFID terpasang pada setiap laporan skripsi. Tag RFID memiliki kode yang berbeda-beda. Tag akan di scan untuk menemukan kode unik yang akan di-input kedalam database perpustakaan yang nantinya kode tersebut yang dicari untuk di-input dan ditampilkan oleh LCD 16x2 kedalam sistem yang dibuat dan melakukan proses pemindaian. RFID Reader akan berintegrasi dengan mikrokontroler agar dapat melakukan proses pembacaan kode. Buzzer akan berbunyi apabila sistem telah berhasil melakukan pemindaian kode. Hasil yang diperoleh berupa sistem pemindai laporan skripsi menggunakan RFID dan berbasis mikorkontroler yang akan memudahkan dan meningkatkan efektifitas dalam melakukan pencarian laporan skripsi di perpustakaan.

Kata kunci: Perpustakaan, RFID, Teknologi


Ketersediaan

S.140010339.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.