No image available for this title

Virtual Tour 360 Degree Pengenalan Pura Pulaki




Pura Pulaki merupakan salah satu Pura Khayangan Jagat sebagai tempat suci untuk memuliakan dan memuja Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) dalam perwujudannya (manifestasi)-Nya yang terletak di Desa Banyupoh Kecamatan Gerokgak, Buleleng, sekitar 53 kilometer di sebelah barat kota Singaraja.Pura ini juga sebagai tempat memuliakan dan memuja arwah suci dari Sri Patni Kaniten salah seorang istri dari Danghyang Nirartha yang diberi gelar “Bhatari Dalem Ketut”. Pura Pulaki berdiri di atas tebing berbatu yang langsung menghadap ke laut di latar belakangnya terbentang bukit terjal yang berbatu yang hanya menghijau saat musim hujan. Di kawasan Pura Pulaki. Walaupun demikian informasi Mengenai Pura Pulaki ini masih sangat sedikit dan kurang interaktif dengan penggunanya. Maka dari itu diperlukan sebuah media pengenalan yang mampu memberikan kesan interaktifitas bagi penggunanya dengan memanfaatkan teknologi Virtual Tour 360 Degree. Virtual tour adalah simulasi sebuah lokasi yang dibuat dalam bentuk video atau susunan foto. Perjalanan maya ini juga dapat didukung elemen-elemen multimedia lain, seperti efek suara, musik, narasi, dan teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Develompnet Life Cycle (MDLC) dan dalam pembuatan aplikasi menggunakan Adobe Premiere, Adobe Audition, Adobe Dreamweaver dan 3D Vista. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah Web Vitual tour yang disilipkan beberapa konten seperti Sejarah, Alur Persembahyangan, Pantangan, dan Video Profile. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Blackbox Testing didapatkan hasil semua fungsi dapat berjalan sesuai rancangan, heuristic evaluation mendaptkan hasil yang cukup baik, sedangkan hasil dari pengujian lapangan dapat disimpulkan bahwa responden sangat baik dengan aplikasi dimana persentase hasilnya sebesar 90%.

Kata Kunci : Pura Pulaki, Aplikasi, MDLC, Virtual Tour 360 Degree, Adobe Premiere, Adobe Audition, Adobe Dreamweaver dan 3D Vista.


Ketersediaan

S.150030523.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.