Image of Sistem Sentiment AnalysisBerita 
dengan Metode Naive Bayes Classifier

Sistem Sentiment AnalysisBerita dengan Metode Naive Bayes Classifier



Sistem Sentiment AnalysisBerita
dengan Metode Naive Bayes Classifier


Putu Ayu Citra Setiawan1), Luh Made Yulyantari2), I Gst. Agung Vony Purnama3)
Program Studi Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali
Jalan Raya Puputan Renon No. 86 Denpasar, Bali, Indonesia tlp. (0361) 244445 fax : (0361) 264773
email: ptayucitra@gmail.com1), yuliantari@stikom-bali.ac.id2), vony_purnama@yahoo.com3)


Abstrak
Sentiment analysis atau opinion mining mulai populer pada tahun 2002 mempublikasikan ide di balik penelitiannya yang dilakukan sentiment analysis adalah proses menyajikan informasi dengan membangun sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan dokumen teks ke dalam beberapa kategori yang sesuai dengan keseluruhan sentimen yang dinyatakan di dalam setiap dokumen tersebut. Mengimplementasikan Sistem Sentiment Analysis dapat dimanfaatkan untuk menganalisis sentimen dari data teks salah satunya adalah teks berita. Konten berita yang dipublikasikan dapat menimbulkan opini berita negatif maupun positif terhadap hal yang sedang dibahas oleh masyarakat khususnya terkait kebijakan Pemerintah. Setiap berita yang berisi opini, kritik dan saran yang muncul berperan penting bagi perumusan kebijakan Pemerintah. Pada penelitian ini digunakan metode waterfall dengan beberapa tahapan yaitu analisa, desain, pembuatan program (implementasi), pengujian sistem dan maintenance sistem. Perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Web (PHP). Pada tahap implementasi sistem dilakukan pembuatan sistem sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dan diakhiri dengan pengujian sistem tersebut. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat membantu pihak Pemerintah khususnya Diskominfos untuk mengklasifasikan sentimen dari konten berita.

Kata kunci : Sentiment Analysis, Opinion Mining, Sistem, Waterfall, UML, Web, Diskominfos.


Abstract
Sentiment analysis or opinion mining became popular in 2002, publishing the idea behind his research that sentiment analysis is the process of presenting information by building a system that can classify text documents into categories according to the overall sentiments stated in each document. Implementing Sentiment Analysis system can be utilized to analyze sentiment from text data one of them is news text. Published news content can lead to negative or positive news opinions on what is being discussed by the public especially regarding Government policy. Any news that contains opinions, criticisms and suggestions that arise play an important role for the formulation of Government policy. In this research used waterfall method with several stages of analysis, design, program making (implementation), system testing and system maintenance. System design using Unified Modeling Language (UML). The programming language used is Web (PHP). In the implementation phase of the system made the system in accordance with the design that has been created and end with testing the system. With this system, it is expected to help the Government especially Diskominfos to classify the sentiment of news content.

keywords : Sentiment Analysis, Opinion Mining, System, Waterfall, UML, Web, Diskominfos.


Ketersediaan

S.140010428.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.