Image of Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Dalem Balingkang Berbasis Android

Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Dalem Balingkang Berbasis Android



Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Dalem Balingkang Berbasis Android


Kadek Angga Wirautama, Padma Nyoman Crisnapati, I Putu Ramayasa
STMIK STIKOM Bali
Jl.Raya Puputan No.86 Renon, Denpasar Telp. (0361)244445 Fax (0361)264773
e-mail:anggawirautama4024@gmail.com,crisnapati@stikom-bali.ac.id,ramayasa@stikom-bali.ac.id

Abstrak

Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Dalem Balingkang merupakan aplikasi untuk memperkenalkan mengenai sejarah dan budaya Pura Dalem Balingkang, yang berupa pengenalan sejarah, struktur pelinggih, letak lokasi, beserta keunikan pura Dalem Blingkang. Yang disajikan dalam bentuk aplikasi dapat dioprasikan pada smartphone dengan platform android untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi mengenai Pura Dalem Balingkang. Dalam pembangunan dan pengembangan apliksi ini menggunakan bahasa pemograman Action Script 3.0 pada Adobe Flash Cs6. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle yang terdiri enam tahapan seperti konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan aplikasi, pengujian dan menyebar luaskan. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa aplikasi yang dapat dijalankan pada android. Pada aplikasi ini telah dilakukan pengujian menggunakan metode black box dengan mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari aplikasi. Dari hasil pengujian dengan metode black box dapat diambil kesimpulan seluruh proses telah berjalan dengan lancar. Aplikasi Mutimedia Interaktif Pengenalan Pura Dalem Balingkang Berbasis Android ini tahap penggandaan dan penyebaran luaskan melalui CD dan DVD.

Kata Kunci :Multimedia Intraktif, Pura Dalem Balingkang, Smartphone, Android.

Abstract

Interactive Multimedia Introduction Dalem Balingkang temple is the new innovation to introduce about history and culture of Dalem Balingkang Temple, such as temple history, temple structure, temple place and location also the uniqueness of the temple that presented in an application which running on smartphone and android platform to make user more easily to access information about Dalem Balingkang Temple. In this case, developing this application using Action Script 3.0 program language on Adobe Flash CS 6. Method that used to build this application is Multimedia Development Life Cycle which consisting of six steps as concept, design, collection of materials, application developing, testing, and distribution. The final result of this study is application that can running on android. This application has been tested using black box method by observing the results of execution through test data and functional check of the application. By the test results with black box method can be taken conclusion the whole process has been running smoothly.Interactive Mutimedia Applications Introduction of Dalem Balingkang temple based Android this stage of multiplication and dissemination via CD and DVD.

Keywords: Interactive Multimedia, Pura Dalem Balingkang, Smartphone, Android.


Ketersediaan

S.130030292.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.