Image of Mencapai Manajemen Berkualitas Organisasi, Kinerja, Program

Mencapai Manajemen Berkualitas Organisasi, Kinerja, Program



Organisasi nirlaba, non-profit, membutuhkan pengelolaan yang berbeda dengan organisasi profit dan pemerintahan. Pengelolaan organisasi nirlaba dan kriteria-kriteria pencapaian kinerja organisasi tidak berdasar pada pertimbangan ekonomi semata, tetapi sejauhmana masyarakat yang dilayaninya diberdayakan sesuai dengan konteks hidup dan potensi-potensi kemanusiaannya. Sifat sosial dan kemanusiaan sejati merupakan ciri khas pelayanan organisasi-organisasi nirlaba. Manusia menjadi pusat sekaligus agen perubahan dan pembaruan masyarakat untuk mengurangi kemiskinan, menciptakan kesejahteraan, kesetaraan gender, keadilan, dan kedamaian, bebas dari konfilk dan kekerasan. Kesalahan dan kurang pengetahuan dalam mengelola organisasi nirlaba, justru akan menjebak masyarakat hidup dalam kemiskinan, ketidakberdayaan, ketidaksetaraan gender, konflik dan kekerasan sosial. Pengelolaan organisasi nirlaba, membutuhkan kepedulian dan integritas pribadi dan organisasi sebagai agen perubahan masyarakat, serta pemahaman yang komprehensif dengan memadukan pengalaman-pengalaman konkrit dan teori manajemen yang handal, unggul dan mumpuni, sebagai hasil dari proses pembelajaran bersama masyarakat.

Dalam konteks pembangunan organisasi nirlaba yang unggul, berkelanjutan dan memberikan energi perubahan dan pembaruan bagi masyarakat, Bernardine R. Wirjana, profesional dalam bidang pemberdayaan masyarakat, yang selama dua dasawarsa menjadi pelaku manajemen organisasi nirlaba, mengabadikan proses pembelajaran atas pengalaman-pengalaman laoangan dan teori-teori manajemen terkini dalam bidang pemberdayaan masyarakat dalam buku ini.

Buku ini dapat menjadi panduan organisasi, kinerja, dan program nirlaba yang komprehensif, dengan memperhatikan: konsep, nilai, strategi, dimensi-dimensi pemberdayaan, keunggulan-keunggulan, kendala-kendala dalam pemberdayaan masyarakat dan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah, dengan dukungan kepemimpinan sejati, yakni kepemimpinan yang mampu memberikan energi bagi orang-orang yang dipimpinnya untuk melakukan hal-hal yang bernilai dan bermartabat.


Ketersediaan

02108.1658 Wir .01Perpustakaan STIKOM Bali Renon (Manajemen)Tersedia
02108.2658 Wir .02Perpustakaan STIKOM Bali Renon (Manajemen)Tersedia
02108.3658 Wir .03Perpustakaan STIKOM Bali Renon (Manajemen)Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
658
Penerbit Andi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-0191-7
Klasifikasi
658
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Manajemen
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain