Image of membangun infrastruktur komputasi awan privat menggunakan ubuntu enterprise cloud

membangun infrastruktur komputasi awan privat menggunakan ubuntu enterprise cloud



Membangun Infrastruktur Komputasi Awan Privat Menggunakan Ubuntu Enterprise Cloud
Penulis: Indra Suryatama

Buku ini membahas sebuah teknologi yang sangat tren pada saat ini. Materi dalam buku ini meliputi pengetahuan tentang jenis, arsitektur, dan layanan dari komputasi awan. Selain itu juga akan dijelaskan mengenai cara membangun komputasi awan dari nol dengan disertai capture gambar untuk setiap langkahnya sehingga memudahkan pembaca dalam membangun komputasi awan privat sendiri. Pembagunan komputasi awan privat ini menggunakan Ubuntu Server dan Ubuntu Desktop.
Komputasi awan adalah teknologi yang menyediakan layanan terhadap sumber daya komputasi melalui jaringan. Dengan teknologi ini, biaya modal sebuah perusahaan dapat diminimalkan dan biaya operasionalnya menjadi lebih murah. Penghematan dapat dilihat dari segi biaya, waktu, tenaga kerja, maupun perawatan. Selain itu, teknologi ini memiliki sifat dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan, mudah dirawat, serta dapat mengikuti perkembangan IT yang berkembang secara cepat.
Dalam materi buku ini, komputasi awan akan dibangun menggunakan Ubuntu Enterprise Cloud (UEC). UEC adalah komputasi awan yang menyediakan layanan Infrastructure as a Service (IaaS). Komputasi awan yang dibangun memiliki teknologi yang menggunakan virtualisasi sehingga hanya diperlukan sekali instalasi pada setiap jenis pengguna menjadi sebuah Virtual Machine (VM). VM yang dibuat berupa VM dengan sistem operasi Linux dan Windows.
Tujuan akhir dari buku ini adalah agar pembaca dapat mengerti tentang komputasi awan, serta dapat membangun komputasi awan privat menggunakan Ubuntu Enterprise Cloud (UEC). Setelah memahami dan mempelajari buku ini, pembaca dapat dengan mudah memahami komputasi awan serta dapat membangun komputasi awan privat. Langkah-langkah akan diberikan secara sederhana tetapi mendalam, terdiri dari konfigurasi dan instalasi komponen-komponen komputasi awan.


Ketersediaan

01861.1005.1 Sur 01Perpustakaan STIKOM Bali Renon (Pemrograman)Tersedia
01861.2005.1 SurPerpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
005.1 Sur
Penerbit Andi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-3230-0
Klasifikasi
005.1
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Pemrograman
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain