No image available for this title

Penerapan Metode Eucs & IPA Dalam Analisis Tingkat Kepuasan pegawai Terhadap Website E-SKP (Studi Kasus : Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Propinsi Bali)



PENERAPAN METODE EUCS & IPA DALAM ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEGAWAI TERHADAP WEBSITE E-SKP (STUDI KASUS : BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA (BPNB) PROVINSI BALI)

ABSTRAK

Kepuasan pengguna merupakan ukuran atau faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari setiap implementasi atau pengembangan sistem informasi pada suatu instansi, lembaga atau perusahaan. Penerapan kualitas IT yang baik adalah bagian yang nantinya akan mempengaruhi proses instansi maupun perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan kepuasan dari para penggunanya.Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kualitas kepuasan pegawai serta untuk mengevaluasi Website E-SKP tersebut agar lebih baik. Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) dipilih dikarenakan memiliki 5 variabel content (konten), accuracy (keakuratan), format (bentuk), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu) dengan 12 instrumen untuk mengukur faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna dari sistem informasi yang ingin di teliti. Metode ini bersifat global yang artinya mampu digunakan di berbagai jenis aplikasi sehingga cocok digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna akhir website E-SKP. serta menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) didalam perhitungannya guna untuk mengetahui sistem berkinerja buruk atau berkinerja lebih. Dengan nilai IKP 76.81% tersebut, dapat diartikan bahwa pegawai BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) Provinsi Bali merasa cukup puas dalam menggunakan website E-SKP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-SKP untuk proses kinerja pegawai saat ini dapat dikatakan telah berhasil memberikan kepuasan yang sangat baik bagi pengguna sistem, dibuktikan dengan didapatkannya persentase keseluruhan sebesar 76.81293% yang berada pada rentang skor 4 yang berarti Puas serta dari kelima variabel pada metode EUCS, variabel Content memiliki keterlibatan tertinggi dalam tingkat perhitungan kesesuaian kepuasan pengguna terhadap website E-SKP, ditunjukkan dengan didapatkannya hasil persentase sebesar 100,8% yang menjadi persentase tertinggi jika dibandingkan dengan empat variabel lainnya. Dari Hasil Kuadran pada Metode IPA terdapat 2 atribut pada kuadran A yang diprioritaskan untuk diperbaiki.

Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, website E-SKP, End User Computing Satisfaction (EUCS), Importance Performance Analysis (IPA)


Ketersediaan

S.180030274.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.