No image available for this title

Sistem Informasi geografis Pemetaan Wilayah Pertanian Kabupaten Banywangi Berbasis Web



SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN WILAYAH PERTANIAN KABUPATEN BANYUWANGI BERBASIS WEB



ABSTRAK



Kabupaten Banyuwangi memiliki lahan pertanian yang cukup luas, berdasarkan informasi data yang diambil dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur luas wilayah pertanian di kabupaten Banyuwangi pada tahun 2017 yaitu 65.259
Hektar. Tujuan dari penelitian ini membangun sistem informasi geografis pemetaan wilayah pertanian di Kabupaten Banyuwangi berbasis website. Sistem informasi yang dibangun agar memudahkan masyarakat untuk melakukan pencarian lokasi-lokasi komoditas pertanian di Kabupaten Banyuwangi.
Pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall yaitu melakukan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing/verification. Model perancangan sistem menggunakan model Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Sedangkan untuk pengujian aplikasi menggunakan pengujian blackbox. Hasil dari pengujian mendapatkan kesimpulan bahwa sistem yang dikembangkan sudah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari hasil kuesioner ditemukan bahwa sistem informasi geografis pemetaan wilayah hasil pertanian di kabupaten Banyuwangi telah berjalan dan berfungsi dengan baik dengan tingkat kepuasan sebesar 76.92%.
Kata kunci: Banyuwangi, geografis, komoditas, pertanian


Ketersediaan

S.150010169.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.