No image available for this title

APLIKASI MANAJEMEN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA INNOVATION TECHNOLOGY TEAM STMIK STIKOM BALI MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL



ABSTRAK Program Kreativitas Mahasiswa Innovation Technology Team adalah salah satu organisasi mahasiswa yang dibentuk oleh STMIK STIKOM Bali untuk mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat bidang broadcaster. PKM ITT memiiliki program wajib yang dikelola oleh masing-masing pengurus sesuai bidangnya. Tetapi dalam proses pengelolaan data, PKM ITT masih dikelola dengan cara manual yang memungkinkan terjadinya kehilangan data, kerusakan data ataupun kinerja yang kurang maksimal. Berbagai masalah yang ditemukan dalam proses pengelolaan data menjadi pokok dibutuhkannya sebuah Aplikasi Manajemen yang mampu membantu pengurus dalam mengelola seluruh data program yang diadakan oleh PKM ITT. Perancangan aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall, dimana proses yang dilakukan menjadi terstruktur. Dimulai dari menganalisa kebutuhan yang diperlukan dalam perancangan sistem, kemudian perancangan sistem dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD) untuk perancangan pengelolaan data dan perancangan basis data menggunakan Entity Relationship Diagram, basis data konseptual dan struktur tabel, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan program menggunakan Visual Studio Code dengan Xampp sebagai web servernya dan menggunakan Framework Laravel sebagai kerangka kerja utamanya. Ketika pembuatan program telah selesai, dilanjutkan dengan pengujian program menggunakan blackbox testing. Proses ini dilakukan terus menerus sesuai dengan jangka waktu perencanaan. Hasil dari penelitian ini adalah dokumen perancangan dan Aplikasi Manajemen Program Kreativitas Mahasiswa Innovation Technology Team yang mampu meningkatkan kualitas proses pengelolaan data menjadi lebih baik dan lebih efisien.


Kata Kunci: PKM ITT, Aplikasi Manajemen, Metode, Laravel


Program Kreativitas Mahasiswa Innovation Technology Team adalah salah satu organisasi mahasiswa yang dibentuk oleh STMIK STIKOM Bali untuk mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat bidang broadcaster. PKM ITT memiiliki program wajib yang dikelola oleh masing-masing pengurus sesuai bidangnya. Tetapi dalam proses pengelolaan data, PKM ITT masih dikelola dengan cara manual yang memungkinkan terjadinya kehilangan data, kerusakan data ataupun kinerja yang kurang maksimal. Berbagai masalah yang ditemukan dalam proses pengelolaan data menjadi pokok dibutuhkannya sebuah Aplikasi Manajemen yang mampu membantu pengurus dalam mengelola seluruh data program yang diadakan oleh PKM ITT. Perancangan aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall, dimana proses yang dilakukan menjadi terstruktur. Dimulai dari menganalisa kebutuhan yang diperlukan dalam perancangan sistem, kemudian perancangan sistem dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD) untuk perancangan pengelolaan data dan perancangan basis data menggunakan Entity Relationship Diagram, basis data konseptual dan struktur tabel, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan program menggunakan Visual Studio Code dengan Xampp sebagai web servernya dan menggunakan Framework Laravel sebagai kerangka kerja utamanya. Ketika pembuatan program telah selesai, dilanjutkan dengan pengujian program menggunakan blackbox testing. Proses ini dilakukan terus menerus sesuai dengan jangka waktu perencanaan. Hasil dari penelitian ini adalah dokumen perancangan dan Aplikasi Manajemen Program Kreativitas Mahasiswa Innovation Technology Team yang mampu meningkatkan kualitas proses pengelolaan data menjadi lebih baik dan lebih efisien.


Kata Kunci: PKM ITT, Aplikasi Manajemen, Metode, Laravel


Ketersediaan

S.150030278.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.