No image available for this title

Rancang Bangun Apilkasi E-learning Dengan Arsitektur Microservice Berbasis Mobile (Studi Kasus: E-learning ITB STIKOM BALI)



RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING DENGAN ARSITEKTUR MICROSERVICE BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: E-LEARNING ITB STIKOM BALI)


ABSTRAK

E-learning atau sistem pembelajaran elektronik merupakan sarana pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan komputer (internet dan intranet). Dalam pengembangannya, e-learning tidak hanya dapat diakses melalui website. Mobile learning (m-learning) merupakan kombinasi antara e-learning dan mobile computing yang dapat dijalankan kapanpun dan dimanapun melalui smartphone. ITB STIKOM Bali memiliki e-learning yang dapat dijalankan melalui desktop maupun smartphone. Adanya permasalahan yaitu dari segi tampilan, E-learning ITB STIKOM Bali belum sepenuhnya mendukung untuk dijalankan dengan baik melalui smartphone. Aplikasi e-learning khusus mobile dengan menggunakan arsitektur microservice diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. E-learning dipecah menjadi 8 (delapan) microservice antara lain API Gateway (Service Auth), Service Mahasiswa, Service Dosen, Service Kelas, Service Materi, Service Tugas, Service Quis dan Service Forum. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi E-learning ITB STIKOM Bali dengan Arsitektur Microservice berbasis Mobile yang dapat membantu memudahkan proses e-learning Mahasiswa melalui smartphone. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan black box testing, seluruh pengujian telah memperoleh hasil sesuai harapan. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner pengguna dari segi tampilan, kesesuaian dan kepuasan pengguna terhadap sistem, hasil perhitungan yang diperoleh sebesar 85,82% (Sangat Baik).
Kata kunci: E-learning, Arsitektur Microservice, Aplikasi Mobile


Ketersediaan

S.170030091.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.