No image available for this title

Aplikasi Multimedia Pembelajaran Budidaya Selada Merah Hidroponik



APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BUDIDAYA SELADA MERAH HIDROPONIK


ABSTRAK


Hidroponik merupakan sistem bercocok tanam menggunakan air bernutrisi pada instalasi pipa atau lainnya. Sistem hidroponik DFT (Deep Flow Technique) membuat air bernutrisi tergenang pada instalasi walaupun mesin pompa air mati memungkinkan penggunaan listrik lebih hemat. Selada merah cocok dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Rancang bangun dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), pemaparan alur sistem dengan flowchart, sementara pemaparan tiap scene aplikasi dan video dengan storyboard. Software dalam rancang bangun aplikasi dengan Adobe Illustrator CS6, Adobe Premiere CS6, dan Adobe Flash CS6 dengan bahasa pemrograman ActionsScript 3.0. Aplikasi berisi informasi hidroponik DFT (Deep Flow Technique), penggunaan alat ukur TDS&EC meter dan pH meter, selada merah, kalkulator nutrisi, kuis, dan perancang aplikasi. Pengujian metode black box mendapat hasil semua tombol di klik sesuai dengan fungsinya dan metode Google Form kuisioner dengan hasil terendah 78% sementara tertinggi 91% yang memiliki arti 20 responden setuju dengan kesesuaian interface, materi, hasil kalkulator nutrisi, dan kemudahan navigasi. Diharapkan aplikasi ini sebagai alternatif pembelajaran budidaya selada merah hidroponik.

Kata Kunci: Aplikasi Multimedia, Selada Merah, Hidroponik DFT (Deep Flow Technique). MDLC (Multimedia Development Life Cycle).


Ketersediaan

S.170030731.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.