No image available for this title

Virtual Tour 360 Degree Pengenalan Pura Campuhan Windhu Segara Berbasis Website



VIRTUAL TOUR 360 DEGREE PENGENALAN PURA CAMPUHAN WINDHU SEGARA BERBASIS WEBSITE

ABSTRAK

Pura Campuhan Windhu Segara merupakan salah satu Pura Kahyangan Jagat yang terletak di Kota Denpasar, selain menjadi tempat persembahyangan di Pura ini juga terdapat tempat untuk melukat. Eksistensi Pura Campuhan Windhu Segara masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Dari hasil survey kepada
60 responden, mendapatkan hasil dimana 81,7% responden merasa perlu dikembangkannya sebuah media untuk pengenalan terkait Pura Campuhan Windhu Segara, maka dari itu dibutuhkan sebuah media pengenalan yang mampu memberikan informasi terhadap Pura Campuhan Windhu Segara. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat maka terdapat sebuah teknologi yang bernama Virtual Tour. Virtual Tour merupakan teknologi yang membuat penggunanya dapat melihat objek secara 360 derajat. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun media pengenalan dan informasi tentang Pura Campuhan Windhu Segara, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan metode Black-Box Testing mendapatkan hasil yang sesuai, pada pengujian Heuristic Evaluation dari 10 poin, terdapat 2 poin yang masih belum tercapai yaitu Error Prevention dan Recovery, kemudian pada pengujian kuisioner mendapatkan hasil presentasi sebesar 88% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Aplikasi ini juga sudah didistribusikan melalui Google Drive, DVD dan video profile Pura Campuhan Windhu Segara diunggah pada Youtube.

Kata kunci ; Pura Campuhan Windhu Segara, Virtual Tour, MDLC, Website









Ketersediaan

S.170030223.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.