Image of Sistem pendukung keputusan pengadaan peralatan pemilu menggunakan metode weighted product pada KPU Kabupaten Klungkung

Sistem pendukung keputusan pengadaan peralatan pemilu menggunakan metode weighted product pada KPU Kabupaten Klungkung



Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah Lembaga Negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia, yakni meliputi Pemilihan Umum Anggota DPR/DPD/DPRD, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil presiden, serta Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Sebagai salah satu Lembaga Penyelenggara Pemilihan Umum, KPU Kabupaten Klungkung melaksanakan kegiatan pengadaan Peralatan Pemilu untuk melancarkan proses pemilu. Teknologi informasi dan komputasi yang berkembang sangat pesat adalah sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan merupakan sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Salah satu metode yang sering digunakan dalam sistem pendukung keputusan adalah metode Weighted Product (WP).Sistem Pendukung Keputusan ini dirancang dan dibangun agar dapat berjalan padadevice berbasis website yang mudah digunakan dan mudah dimengerti oleh pengguna dalam memilih peralatan pemilu. Perancangan sistem ini menggunakan menggunakan UML (Unified Modelling Language) yang selanjutnya diimplementasikan sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat dan dilanjutkan dengan pengujian sistem menggunakan pengujian black box. Berdasarkan hasil pengujian dari metode blackbox testing dapat disimpulkan program yang dibangun berjalan dengan baik dan dari hasil kuesioner aplikasi pengguna, cukup baik. Sistem Pendukung Keputusan ini mempermudah Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung untuk mendapatkan alternatif solusi dalam pengadaan peralatan pemilu.

Kata kunci : Komisi Pemilihan Umum, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Pengadaan


Ketersediaan

S.120010375.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.