Image of SISTEM INFORMASI PEMETAAN LOKASI SANGGAR GAMBELAN TRADISIONAL BALI WILAYAH DENPASAR DAN BADUNG BERBASIS ANDROID

SISTEM INFORMASI PEMETAAN LOKASI SANGGAR GAMBELAN TRADISIONAL BALI WILAYAH DENPASAR DAN BADUNG BERBASIS ANDROID



ABSTRAK
Kemajuan teknologi membawa perubahan kepada manusia pada era digital ini. Perangkat telepon pintar dengan sistem operasi android adalah salah satu produk dari kemajuan teknologi tersebut. SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan salah satu alat yang bermanfaat untuk menangani data keruangan dan menyimpan dalam format digital. Sistem Informasi Pemetaan Lokasi Sanggar Gambelan Tradisional Bali Wilayah Denpasar dan Badung Berbasis Android ini bertujuan untuk memanfaatkan perangkat Android dan SIG sebagai alat bantu dalam mencari lokasi sanggar gambelan Bali yang terdapat diwilayah Badung dan Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode waterfall (air terjun). Dalam pembangunannya, aplikasi ini dirancang menggunakan DFD (Data Flow Diagram), UML(Unified Modeling Language), bahasa pemrograman Java dan bahasa pemrograman PHP. Pengujian menggunakan blackbox testing menunjukan bahwa hasil dari aplikasi telah berjalan sesuai perancangan. Sistem ini dapat memberikan kemudahan dalam mecari lokasi sanggar gambelan tradisional Bali wilayah Denpasar dan Badung.

Kata Kunci : Android, SIG, Aplikasi, Wilayah Sanggar, Blackbox.


Ketersediaan

S.140010097.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
00142
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.