Image of SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENTAKIT TANAMAN KAPAS MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE BERBASIS ANDROID

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENTAKIT TANAMAN KAPAS MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE BERBASIS ANDROID



SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENTAKIT TANAMAN KAPAS MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE BERBASIS ANDROID


Elkana U.K Ndjurumbaha(1), I Made Adi Purwantara(2), Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti(3)
Program Studi Sistem Komputer
Sekolah Tinggi Manajemen InformatikadanTeknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali
Jln. Raya Puputan Renon No.86 Telp (0361) 244445 Denpasar
arthur.arye@gmail.com(1), adi@stikom-bali.ac.id(2), pivin@stikom-bali.ac.id(3)


SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KAPAS MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE BERBASIS ANDROID

ABSTRAK

Tanaman kapas adalah suatu jenis tanaman tropis, yang dapat tumbuh dimana saja, terkecuali pada tempat-tempat yang terlalu tinggi dengan temperatur yang sangat dingin maupun panas atau daerah-daerah yang tandus yang memang tidak cocok bagi kehidupan tanaman. Kurangnya kepekaan terhadap gejala-gejala penyakit yang sering dialami pada tanaman kapas tersebut memerlukan seorang pakar untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada para petani. Dalam penelitian ini system pakar yang digunakan adalah Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kapas Menggunakan Metode Decision Tree. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu para petani untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman kapas. Metode yang dilakukan dalam penulisan penelitian ini dimulai dengan membuat pembuatan / Use Case Diagram, Sequence Diagram, Activiti Diagram, Class Diagram, ERD, Dan Konseptual Database. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah system pakar yang dapat mendiagnosa penyakit tanaman kapas.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk ”Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tanaman Kapas Dengan Menggunakan Metode Decision Tree Berbasis Android”. Yaitu dengan fasilitas yang diberikan untuk user, admin dan pakar, memungkinkan untuk menggunakan sistem ini sesuai kebutuhannya masing-masing. User diberi kemudahan untuk mengetahui informasi penyakit dengan berbagai solusi dan dengan gejala-gejala yang ada, dengan cara konsultasi langsung pada sistem pakar melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab user untuk mengetahui hasil diagnosanya. Sedangkan admin dimudahkan dalam menggelola data, baik tambah, edit maupun hapus. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa program sistem pakar diagnosa penyakit pada tanaman kapas dapat diketahui, serta kesimpulan terhadap penyakit yang terdapat pada tanaman kapas tersebut.


Kata Kunci : Sistem Pakar, Penyakit Tanaman Kapas, Metode Decision Tree.


Ketersediaan

S.100010582.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.