Image of DASHBOARD INFORMATION SYSTEM SEBAGAI MONITORING KINERJA  PADA VILLA THE SAMAYA UBUD

DASHBOARD INFORMATION SYSTEM SEBAGAI MONITORING KINERJA PADA VILLA THE SAMAYA UBUD



DASHBOARD INFORMATION SYSTEM
SEBAGAI MONITORING KINERJA
PADA VILLA THE SAMAYA UBUD


Kadek Pasek Santika[1], I Komang Setia Buana[2], I Made Budi Adnyana[3]
STMIK STIKOM Bali[1,2,3]
Jl. Raya Puputan No.86, Renon, Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80234[1,2,3]
e-mail: paseksantika@gmail.com, buana@stikom-bali.ac.id, budi.adnyana@stikom-bali.ac.id


Abstrak
Dengan perkembangan teknologi tidak semua masalah bisa teratasi dengan baik. Perkembangan teknologi akan menuntut setiap orang yang terlibat dalam villa untuk mempelajari hal yang baru, menggunakan teknologi baru, dan mencoba hal yang baru. Namun hal ini sangat sulit untuk dicapai karena tidak semua mampu dan memiliki waktu untuk belajar hal tersebut. Sebagai contoh eksekutif management biasanya kurang tertarik belajar hal yang baru, melihat kondisi seperti ini sangat susah untuk eksekutif management mengoperasikan sistem informasi yang terdapat pada villa. Melihat kondisi tersebut maka dikembangkan dengan sebuah dashboard information system, yang berfungsi sebagai sebuah aplikasi yang memberikan informasi kepada pemilik villa dalam bentuk grafik, tabel, chart atau yang lainnya. Sehingga memberikan tampilan yang lebih menarik, Sehingga disamping mudah digunakan oleh pemilik villa juga memberikan informasi yang menarik. Sistem yang dibangun berbasis desktop dengan bahasa pemrograman .VB.Net. Metode perancangan yang digunakan adalah perancangan terstruktur yaitu DFD untuk perancangan sistemnya dan ERD untuk perancangan databasenya. Penelitian ini menghasilkan sebuah Dashboard Information System Pada Villa The Samaya Ubud dan dokumen perancangan Dashboard Information System Pada Villa The Samaya Ubud. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan metode blackbox fungsi sistem secara keseluruhan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Kata kunci: Sistem Informasi, Villa, Dashboard Information System


Abstract
With the development of technology not all problems can be solved. This will require everyone involved in the villa to learn new things, use new technology, and try new things. But this is very difficult to achieve because not everyone are able and have time to learn it. For example, management executives are usually not interested in learning new things, because of these conditions the executive management are inconvenient to operate the information system in the villa. To overcome these problems it is necessary to develop a dashboard information system, which serves as an application that provides information to the villa owner in the form of graphs, tables, charts or others. This will provide a more attractive appearance, provide interesting information, and more easy to use by the villa owners. Dashboard Information System system is built using dektop based programming language .VN.NET. The design method used is the structured design of DFD for the design system and ERD for the database design. The results of this study is a Dashboard Information System At Villa The Samaya Ubud and document of Dashboard Information System At Villa The Samaya Ubud. Based on the test results using the blackbox method, overall system function is good and functioning properly.

Keywords: Information System, Villa, Dashboard Information System


Ketersediaan

S.150010441.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.