Image of Sistem Dashboard Untuk Iklim Aerodrome Di Stasiun Meteorologi

Sistem Dashboard Untuk Iklim Aerodrome Di Stasiun Meteorologi



Sistem Dashboard Untuk Iklim Aerodrome
Di Stasiun Meteorologi


I Wayan Subakti1, Gusti Ngurah Mega Nata2,I Made Ari Santosa3
Program Studi Sistem Komputer
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali
Jln. Raya Puputan Renon No.86 Telp (0361) 244445 Denpasar
Email: subakti.wayan@gmail.com1), mega@stikom-bali.ac,id2), arisantosa@stikom-bali.ac,id3)


Abstrak
Keselamatan penerbangan merupakan faktor utama dalam pengoperasian pesawat terbang. Salah satu faktor keselamatan penerbangan adalah cuaca dan iklim. Informasi iklim didasarkan pada hasil pengamatan unsur-unsur cuaca selama periode waktu tertentu. Dalam melakukan pengamatan cuaca, membuat dan mengirimkan laporan kepada pihak yang membutuhkan, Stasiun Meteorologi Kelas I Ngurah Rai Denpasar mengoperasikan AutomatedWeatherObserving System (AWOS). Laporan cuaca dalam bentuk sandi METAR cukup sulit untuk dibaca dan membutuhkan waktu, sedangkan informasi iklim harus dapat disajikan dengan cepat dan mudah dibaca. System dashboard dapat digunakan untuk menyajikan informasi secara visual. ASP.NET dan bahasa pemrograman C# merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi web. Tujuan perekayasaan ini adalah untuk membuat Sistem Dashboard Iklim Aerodrome berbasis web. Kepala Stasiun, Pegawai dan Stakeholder kebandaraan dapat mengakses informasi iklim kawasan bandara yang cepat dan mudah dibaca. Metode yang digunakan dalam perekayasaan ini dimulai dengan mendesain sistem menggunakan Unified Modeling Language. Perekayasaan ini memfokuskan pada pembuatan aplikasi web untuk melakukan preprocessing laporan cuaca METAR yang bersifat semi-terstruktur menjadi data terstruktur. Data cuaca terstruktur disimpan dalam database dan selanjutnya dilakukan visualisasi. Hasil dari perekayasaan ini adalah data cuaca METAR dapat diproses menjadi informasi iklim dalam bentuk grafik yang mudah dibaca.

Kata kunci: Iklim Aerodrome, METAR, Sistem Dashboard


Abstract
Flightsafetyis a majorfactor in theaircraftoperation. One oftheaviationsafetyfactorsisweatherandclimate. Climateinformationisbasedonobservationsofweatherelements over a long period. In conductingweatherobservations, creating, andsubmittingreportstoparties in need, theMeteorologyStationClass I Ngurah Rai Denpasar operatesAutomaticWeatherObservation System (AWOS). Weatherreports in theformof METAR codes are quitedifficulttoreadandtaketime, whileclimateinformationshouldbepresentedquicklyandeasilyread. The dashboardsystemcanbeusedtopresentinformationvisually. ASP.NET and C# programminglanguages are technologiesthatcanbeusedtocreate web applications. The purposeofthisengineeringprojectistocreate a web-basedAerodromeClimateDashboard System. HeadStation, Officerandairport’sstakeholderscanaccessairportclimateinformationquicklyandeasytoread. The methodused in thisengineeringisstartedwithdesigningthesystemusingUnified Modeling Language. Thisengineeringfocusedoncreating web applicationsforpreprocessing a semi-structured METAR weatherreportintostructured data. Structuredweather data isstored in thedatabaseandsubsequentlyvisualized. The resultofthisengineeringis METAR weather data thatcanbeprocessedintoclimateinformation in theformofeasy-to-readcharts.

Keywords: AerodromeClimate, METAR, Dashboard System


Ketersediaan

S.140010225.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.