Image of Multimedia Interaktif Cerita Rakyat Bali Manik Angkeran dan Naga Besukih Berbasis Android

Multimedia Interaktif Cerita Rakyat Bali Manik Angkeran dan Naga Besukih Berbasis Android



Multimedia Interaktif Cerita Rakyat Bali
Manik Angkeran dan Naga Besukih Berbasis Android


I Komang Sabtrita Apridani1), I Gede Harsemadi2), I Gst. Agung Vony Purnama3)
Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali
Jalan Raya Puputan Renon No. 86 Denpasar, Bali, Indonesia tlp. (0361) 244445 fax : (0361) 264773
email: dannyajun2@gmail.com1),gedeharsemadi@gmail.com2), vony_purnama@yahoo.com3)


Abstrak
Aplikasi multimedia interaktif cerita rakyat Bali Manik Angkeran dan Naga Besukih berbasis android merupakan inovasi baru dalam memperkenalkan keanekaragaman budaya Bali khususnya cerita rakyat Bali yang semakin hari semakin ditinggalkan oleh masyarakat khususnya anak-anak. Aplikasi ini berupa pengenalan alur cerita Manik Angkeran dan Naga Besukih dengan menggabungkan unsur-unsur multimedia kedalam aplikasi tersebut, sehingga dapat menarik minat anak-anak untuk membaca cerita rakyat Bali. Pembuatan aplikasi ini menggunakan media berupa aplikasi Adobe Flash sebagai media untuk membuat aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript3, Adobe Photoshop untuk membuat desain Interface, Illustrator dan CorelDraw sebagai media pembuat illustrasi gambar serta Adobe Audition untuk mengedit audio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi android pada mobile, yang didalamnya terdapat cerita Manik Angkeran dan Naga Besukih serta terdapat animasi bergerak yang dapat dijalankan oleh user. Pengujian menggunakan metode Black Box Testing dimana aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan kuisioner dengan hasil rata-rata 62.70 yang menyatakan aplikasi ini sangat baik. Aplikasi ini dapat dijadikan referensi pembelajaran serta untuk memperkenalkan cerita rakyat Bali dengan lebih praktis, inovatif dan interaktif..

Kata kunci:Multimedia Interaktif, Satua Bali, Adobe Flash, Manik Angkeran dan Naga Besukih, Multimedia Development Life Cycle.


Ketersediaan

S.140030406.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.