Image of Sistem Informasi Eksekutif Pendataan Status Gardu Trafo Berbasis Web Dan Android ( Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Area Bali Selatan )

Sistem Informasi Eksekutif Pendataan Status Gardu Trafo Berbasis Web Dan Android ( Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Area Bali Selatan )



Sistem Informasi Eksekutif Pendataan Status Gardu Trafo Berbasis Web Dan Android
(Studi Kasus: PT. PLN (Persero) Area Bali Selatan)


I Wayan Eka Yuliana Permata Durus1, Dr.Eng I Gede Putu Wirarama Wedhaswara Wirawan,S.T.2, I Komang Setia Buana, S.Kom., M.T.3
STMIK STIKOM BALI
Jl.Raya Puputan No.86 Renon, Denpasar Telp. (0361)244445 Fax (0361)264773
e-mail: wyneka.yuliana@gmail.com1, wirarama@gmail.com2, buana@stikom-bali.ac.id3


Abstrak
Ketika listrik suatu area/wilayah padam, kinerja pelanggan akan terganggu terutama pada pelanggan yang membutuhkan listrik dalam operasionalnya. Ada berbagai faktor penyebabnya, salah satunya adalah status gardu trafo yang tidak normal. Status gardu trafo yang tidak normal ini diakibatkan oleh kuat arus dan tegangan gardu yang tidak stabil saat penggunaan listrik mencapai batas maksimum penyaluran listrik. Hal ini juga dapat menyebabkan gardu tersebut mudah rusak bahkan dapat memicu ledakan. Jika tidak di antisipasi lebih lanjut kerugian bisa berdampak bagi pelanggan maupun bagi pihak PLN sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pendataan hasil pengukuran gardu trafo dan mengirimkan datanya secara langsung kepada eksekutf PLN. Metode yang dilakukan dalam penulisan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pada SDLC (Systems Development Life Cycle) yaitu model waterfall serta perancangannya dilakukan dengan menggunakan DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), dan UML (Unified Modeling Language). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah program dalam bentuk web dan android yang saling terhubung, dimana program ini dapat meminimalisir pendataan manual pada hasil pengukuran gardu, dapat merekapitulasi data secara terstruktur, dan dapat melaporkan status terkini dari gardu trafo.

Kata kunci: Informasi, Eksekutif, Gardu, Web, Android


Ketersediaan

S.130010266.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.