No image available for this title

Sistem Pengelompokan Wisatawan Berbasis Karakteristik Wisatawan Menggunakan metode C-Means Berbasis Java Web



ABSTRAK

Pulau Dewata Bali memiliki reputasi sebagai salah satu daerah pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan yang datang ke Bali memiliki berbagai macam karakter. Banyak wisatawan yang masih bingung untuk memilih paket wisata selama berwisata. Seorang wisatawan ketika berkunjung untuk berlibur, atau dalam hal pekerjaan dan bisnis, memerlukan tempat yang berbeda – beda sesuai dengan karakteristik masing – masing. Para wisatawan memerlukan rekomendasi paket wisata yang sesuai dengan karakteristiknya.

Metode C-Means merupakan salah satu metode yang mampu menentukan keanggotaan dan dapat mengelompokkan data yang ada menjadi beberapa kelompok. Metode ini akan mengelompokan data wisatawan berdasarkan nilai karakteristik yang terdapat pada wisatawan tersebut. Pengelompokan ini nantinya dipakai sebagai dasar untuk merekomendasikan paket wisata pada wisatawan.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tumbuh dengan sangat pesat, dan komputer merupakan teknologi yang sangat pesat perkembangannya, dikembangkan sebuah sistem pengelompokan wisatawan berbasis karakteristik wisatawan menggunakan metode C-Means berbasis Java Web. Dengan dikembangkannya sistem ini, maka wisatawan akan merasa puas dalam memilih paket wisata yang direkomendasikan sesuai dengan karakteristiknya.

Kata Kunci: Wisatawan, Pengelompokan, C-Means, Java Web


Ketersediaan

S.120010171.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain