No image available for this title

Implementasi CRM Pada Sistem Informasi Penjualan Kac a Mata Dengan Metode UCD : Studi Kasus : Optik Trendy



IMPLEMENTASI CRM PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN KACAMATA DENGAN METODE UCD STUDI KASUS: OPTIK TRENDY

ABSTRAK

Optik Trendy merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang di bidang optometri yang terletak di Jln. Diponegoro adalah perusahaan yang sedang berkembang dengan kemungkinan banyak pelanggan yang harus dilayani dengan baik agar para pelanggan tidak lari ke pesaing. Persaingan diantara pedagang ini demikian ketat, mulai dari pemberian insentif, seperti potongan harga, perang tarifpun tidak dapat dihindarkan yang dapat berujung pada persaingan yang tidak sehat. Salah satu solusi untuk masalah diatas adalah membangun aplikasi client berbasis web dengan menerapkan CRM pada sistem dan menggunakan metode UCD. CRM (Customer Relationship Management) digunakan untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan dan metode UCD (User Centered Design) digunakan untuk menganalisis kebutuhan user (user sebagai pusat pengembangan sistem) dengan melakukan aktivitas UCD yaitu: kuisioner, dan prototyping. Hasil kuisoner pada website Optik Trendy dengan jumlah member 20 orang menghasilkan pengembangan pada tampilan produk detail dan informasi produk yang lebih lengkap lagi.
Dengan mengimplementasikan CRM hubungan antara customer dan perusahan lebih sangat baik, karena setiap ada keluhan, saran, ataupun pertanyan kami merespon dengan baik dan tepat waktu. Sedangkan dengan metode UCD pengembangan sistem semakin mudah karena kita tahu apa kebutuhan user, sehingga dibagian sistem yang mendapat respon kurang baik misalnya di bagain tampilan produk detail yang sebelumnya menggunakan pop-up dan dikembangkan lagi ke tampilan halaman berikutnya tanpa merubah desain tampilan dan membuat nyaman user.

Kata kunci: Sistem informasi, Kacamata (Optik), CRM (Customer Relationship Management), UCD (User Centered Design)

IMPLEMENTASI CRM PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN KACAMATA DENGAN METODE UCD STUDI KASUS: OPTIK TRENDY

ABSTRACT

Optik Trendy is one area of business that is engaged in optometri which is located on Jl. Diponegoro is a growing company with the possibility of many customers that should be served well so that the customers do not run into a


Ketersediaan

S.120030277.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain