No image available for this title

Aplikasi Pengenalan Sanggah Merajan Di Bali Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android



APLIKASI PENGENALAN SANGGAH MERAJAN DI BALI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID


ABSTRAK


Indonesia terdiri dari beberapa pulau yang terbentang luas dari ujung timur hingga ujung barat. Masing - masing daerah memiliki aneka ragam seni dan budaya yang berbeda - beda. Dalam budaya Hindu khususnya di Bali, salah satu tempat untuk sembahyang disebut Sanggah Pemerajan. Hal yang dipertimbangkan tentang keberadaan Sanggah Merajan adalah keberadaan bangunan yang masih memiliki nilai – nilai seni dan budaya. Salah satu hal yang dapat diupayakan adalah dengan menggabungkan seni dengan teknologi.
Teknologi yang saat ini sedang berkembang adalah teknologi Augmented Reality yang menampilkan objek 3D ke dalam lingkungan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk sebagai media virtual pengenalan sanggah merajan dan menjadikan aplikasi augmented reality sebagai daya tarik untuk memberikan informasi dan untuk Untuk merancang dan membangun aplikasi Augmented Reality Book yang dapat menyajikan informasi mengenai sanggah merajan dalam bentuk 3 dimensi menggunakan teknologi Augmented Reality dan sebagai media pembelajaran yang menarik kepada masyarakat, yang diinstal pada smartphone Android. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku yang berisikan gambar terkait dengan Sanggah Merajan di Bali, gambar dari buku ini berfungsi sebagai marker untuk menampilkan objek Sanggah Merajan yang ada di Bali.

Kata kunci : Aplikasi, Sanggah Merajan, Augmented Reality, Aplikasi Pengenalan Sanggah Merajan Di Bali Menggunakan Augmented Reality, SketchUp, Photoshop, Unity, Vuforia
















Ketersediaan

S.120030555.1001.42Perpustakaan STIKOM Bali RenonTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain