No image available for this title

Sistem Informasi Manajemen Inventaris Pada SMAN 1 PENEBEL



SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTARIS PADA SMAN 1 PENEBEL

ABSTRAK


SMA Negeri 1 Penebel merupakan sekolah menengah atas berdiri sejak tahun 1987. Salah satu proses bisnisnya adalah mengelola inventaris pada sekolah. Tujuannya untuk menjamin persediaan barang agar terkontrol dengan baik sehingga tidak mengganggu kelancaran kegiatan operasional sekolah. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Permasalahan tersebut meliputi pencatatan secara manual pada papan inventaris di setiap ruangan yang kemudian direkap dalam sebuah pembukuan, ketidakteraturan penyimpanan dokumen dan tidak adanya pencatatan dalam peminjaman barang. Hal ini dapat menghambat kinerja untuk civitas sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penggalian kebutuhan untuk menghasilkan sebuah solusi. Solusi yang diberikan yaitu membangun sistem informasi yang dapat membantu proses pengelolaan inventaris sekolah. Sistem yang dibangun berbasis web dengan menggunakan Framework Laravel dan berbasis mobile dengan menggunakan Framework Flutter. Perancangan sistem yang digunakan adalah Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Basis Data Konseptual dan Struktur Tabel. Pembuatan sistem dilakukan dari tahapan pengumpulan data, analisis kebutuhan, pengembangan sistem yang meliputi tahap design, development, dan pengujian. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode Blackbox Testing dimana menghasilkan fungsi sistem yang sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian juga dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan pengukuran Skala Likert dimana hasil kuesioner menunjukkan bahwa sistem telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan yang diperlukan responden.

Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen Inventaris, Framework Laravel, Framework Flutter, Skala Likert, Blackbox Testing.


Ketersediaan

S.180030438.1001.42Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42
Penerbit STIKOM Bali : Denpasar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Warna Label Buku
Riset/Penelitian
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

Tersedia fasilitas akses Tugas Akhir, terdiri atas: Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, dan Daftar Pustaka.